desain baju

Tips Untuk Pemula Dalam Membuat Desain Baju

Menjadi seorang designer baju memang sangat membutuhkan bakat dan juga kerja keras. Seorang designer baju ini sendiri dapat dikatakan sering kali mengeluarkan sebuah desain yang idenya didapatkan dengan kreatifitas yang dimiliki. Dengan ide-ide yang didapatkan akhirnya dapat menghasilkan baju yang sangat cantik dan dapat dijual secara luas di pasaran. Menjadi seorang designer baju dapat dikatakan merupakan sebuah profesi yang sangat menjanjikan, terlebih lagi perkembangan fashion pada saat ini sangat pesat. Di mana banyak orang yang awalnya tidak memperhatikan pakaian menjadi ingin mengikuti trend fashion yang sedang berkembang pada saat ini. Dengan adanya hal ini sendiri membuat designer baju harus dapat membuat pakaian yang dapat masuk ke dalam kompetisi untuk dapat dibeli. Membuat pakaian yang dapat menarik masyarakat untuk menggunakannya ini sendiri memang merupakan pekerjaan para designer, akan tetapi bukan berarti seseorang tidak dapat membuat sebuah desain baju. Dibawah ini ada beberapa tips yang diberikan untuk Anda yang ingin menjadi seorang designer baju.

Poin Yang Harus Dipersiapkan Dalam Membuat Desain Baju Bagi Pemula

Ada beberapa poin yang harus dapat diperhatikan oleh pemula dalam membuat sebuah desain baju, di mana dalam hal ini sendiri semua harus dapat dilakukan agar dapat membuat pakaian yang diinginkan. Membuat sebuah desain untuk baju ini sendiri memang bukan hal yang sangat mudah dilakukan, terlebih lagi jika dalam hal menentukan sebuah ide. Untuk para pemula sendiri yang ingin membuat sebuah desain untuk baju ada beberapa poin yang harus diperlukan, berikut ini adalah poin yang harus diperhatikan :

  • Belajar Menggambar

Hal pertama yang harus dilakukan oleh pemula dalam membuat desain baju adalah dengan menggambar. Tidak perlu menggambar seperti seorang ilustrator handal, karena banyak seorang designer yang menggambar dengan gaya mereka sendiri. Akan tetapi seorang designer harus dapat memberikan visualisasi yang tepat agar dapat memberikan gambaran sebuah pakaian yang ingin dibuat. Sangat disarankan untuk mengambil kelas menggambar agar dapat membuat sebuah desain yang diinginkan. Pelajarilah cara menggambar dari berbagai macam sumber seperti buku atau internet. Agar gambar dapat lebih baik, hal selanjutnya yang sangat perlu dilakukan adalah dengan selalu berlatih dan terus berlatih.

  • Belajar Menjahit

Belajar menjahit tentu saja merupakan hal yang paling diperlukan, karena jahit menjahit pasti ada hubungannya dengan baju. Anda dapat mengikuti kursus menjahit yang memang banyak sekali dapat ditemui di berbagai macam tempat kursus. Biasanya dalam kursus menjahit sendiri ada beberapa hal yang akan diajari, dimulai dari membuat sebuah pola yang merupakan sebuah dasar untuk dapat membuat baju. Lalu akan diajarkan berbagai maca teknik menjahit bahkan sulam. Dengan belajar menjahit sendiri dapat diharapkan membantu Anda untuk dapat membuat sebuah baju yang diinginkan.

Artikel Terkait : Sablon Kaos Satuan

  • Belajar Mendesain

Dalam membuat sebuah desain untuk baju sendiri, Anda memerlukan pembelajaran lain yang juga penting yaitu belajar mendesain. Belajar mendesain sendiri biasanya akan membantu Anda untuk dapat menuangkan ide-ide kreatif yang akan menjadi sangat penting untuk dapat membuat sebuah baju.

  • Belajar Tentang Fashion

Hal selanjutnya yang sangat diperlukan untuk membuat desain baju adalah dengan mempelajari fashion. Di mana baju sendiri merupakan aspek yang utama dalam sebuah fashion. Tidak mungkin jika Anda ingin membuat sebuah baju akan tetapi tidak memahami dunia fashion yang sedang berkembang. Pelajari semua hal tentang fashion dari beberapa sumber agar dapat menambah pengetahuan Anda agar lebih luas. Ikuti semua perkembangan yang ada, hal ini sendiri akan sangat penting karena pada saat menjadi seorang designer tentu saja ingin melihat karya Anda digunakan oleh orang lain. Jika Anda terpaku pada satu jaman saja tentu akan membuat orang tidak akan tertarik lagi dengan baju buatan Anda. Melihat semua perkembangan yang ada pada dunia fashion akan sangat membantu Anda untuk dapat memberikan ide yang akan diimplementasikan pada baju yang akan Anda Desain.

  • Belajar Teknologi

Jangan kira seorang designer baju tidak harus mempelajari teknologi, malah belajar teknologi merupakan salah satu hal yang harus dapat Anda lakukan. Hal ini sendiri dikarenakan banyak sekali aplikasi yang dapat membantu Anda untuk dapat merealisasikan sebuah desain yang sedang Anda kerjakan. Aplikasi yang dapat digunakan sendiri cukup banyak, seperti Adobe Photoshop atau Illustarator. Kedua aplikasi tersebut akan membantu Anda untuk dapat mencipatkan sebuah karya baju yang akan Anda jual ke pasaran.

  • Temukan Inspirasi

Nah, menemukan inspirasi dalam membuat desain baju memang salah satu hal yang harus ada dan juga paling sulit. Hal ini sendiri dikarenakan Anda harus dapat mengeluarkan ide-ide kreatif yang nantinya Anda aplikasikan dalam baju buatan Anda. Inspirasi sendiri dapat Anda temukan dari mana saja, termasuk dengan mencari refrensi dari sebuah fashion designer lainnya. Sangat disarankan untuk mengambil sebuah refrensi ini sendiri tidak Anda ambil sepenuhnya, karena akan sangat berbahaya jika sampai mendapat tuduhan plagiat atau mencontoh karya orang lain. Lakukanlah meditasi jika diperlukan atau melakukan hal-hal yang sekiranya dapat membuat Anda mengeluarkan ide yang tidak biasa.

  • Mengenali Jenis-Jenis Kain

Hal selanjutnya jika ingin membuat sebuah desain untuk baju adalah mengenali jenis-jenis kain. Ya, jenis-jenis kain sendiri sangatlah banyak dan juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sangat penting untuk dapat mengenali jenis kain ini sendiri agar dapat membuat pelanggan yang memakai jasa Anda puas. Banyak orang yang ingin membuat baju namun hanya mengetahui karakteristik bahan yang diinginkan dan tidak mengerti jenisnya. Seorang designer baju tentu saja harus paham akan semua jenis kain tersebut agar dapat disesuaikan dengan keinginan dari pelanggan.

  • Kenali Jenis-Jenis Warna

Mengenali jenis-jenis warna juga merupakan hal yang harus dipelajari selanjutnya untuk dapat membuat desain baju. Mempelajari jenis warna sendiri tidak hanya untuk seorang designer baju, tetapi yang berhubungan dengan semua jenis desain yang ada. Warna sendiri tidak hanya berasal dari 12 warna penting yang ada, akan tetapi ada berbagai warna yang dapat diaplikasikan dalam sebuah baju sendiri. Sangat penting untuk dapat mengenali warna ini sendiri agar dapat membuat baju yang memiliki nilai keseimbangan warna yang ada. Membuat baju sendiri tentu saja harus menggunakan warna-warna yang jika dikombinasikan menjadi sebuah kesatuan yang baik. Gunakanlah roda 12 warna yang memang menjadi dasar untuk mendapatkan warna-warna yang indah.

  • Membuat Sketsa Tubuh Manusia

Dalam membuat sebuah desain baju, seorang desaigner sendiri akan menggambar sketsa tubuh manusia. Hal ini sendiri digunakan untuk membantu seorang designer untuk melihat visualisai kasar jika baju digunakan oleh seseoran. Jadi sangat penting untuk dapat mempelajari cara menggambar sketsa tubuh manusia.

Jurusan Untuk Dapat Mendalami Design Baju

Jika Anda memang sangat serius untuk terjun dalam dunia fashion, ada beberapa jurusan dalam universitas yang dapat membantu Anda dalam membuat desain baju. Jurusan yang pertama adalah jurusan desain mode. Dalam jurusan desain mode, Anda akan mempelajari berbagai macam jenis fashion dunia dan akan selalu mengikuti perkembangan fashion yang ada. Lalu ada juga sebuah jurusan desain komunikasi visual yang akan memberikan berbagai ilmu yang dapat Anda aplikasikan dalam semua jenis desain, diantaranya adalah seperti desain majalah fashion, fashion show dan masih banyak lagi. Ada juga salah satu desain yang dapat Anda temukan dan khusus untuk fashion, di mana dengan mengikuti jurusan fashion sendiri Anda akan diajak untuk terjun langsung tentang dunia fashion yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.