tentang-sablon-manual

Apa itu Sablon Manual?

Sablon merupakan proses pemindahan desain warna/gambar ke permukaan kaos sehingga menghasilkan kaos yang memiliki desain sesuai dengan yang Anda inginkan. Untuk menyablon di kaos sendiri ada berbagai macam teknik seperti Manual, DTG dan Digital.

Sablon Kaos Manual merupakan teknik menyablon yang masih sering digunakan hingga saat ini dan biasanya disebut juga dengan screen printing, dimana proses penyablonan akan dilakukan secara manual menggunakan screen (rakel) dan tinta yang dilapiskan langsung di atas kaos. Beberapa kelebihan dari teknik menyablon ini yaitu peralatannya yang sederhana serta harganya yang terjangkau. Dari segi kualitas, hasil jadi dari teknik menyablon ini memiliki warna yang lebih awet dan tidak cepat pudar. Teknik manual seperti ini memang belum ada tandingannya, bahkan dibandingkan dengan teknik menyablon dengan cara digital sekalipun.

Sejarah Sablon

Sablon awalnya ditemukan di China pada masa dinasti Song, dan seiring berjalannya waktu, makin berkembangnya teknik dalam menyablon sehingga semakin diadaptasi oleh negara-negara lainnya seperti Jepang hingga Eropa. Hingga saat ini, proses menyablon sangat diakui sebagai teknik percetakan yang paling serbaguna dibandingkan dengan jenis lainnya. Selain digunakan untuk mencetak diatas kaos, biasanya teknik ini juga digunakan untuk mencetak brosur, poster hingga iklan cetak lainnya. 

sejarah-sablon-manual
sablon kaos manual

Peralatan Sablon Manual

Berbagai peralatan yang biasanya digunakan untuk menyablon dengan cara manual, yaitu:

  • Screen

Merupakan peralatan utama yang diperlukan untuk melakukan sablon yang dilakukan secara manual, bentuk screen ini biasanya seperti figura (bingkai kayu di empat sisi) dan memiliki kain polyester di tengahnya. Kain ini memiliki pori-pori kecil yang berguna untuk memberi warna ke kain/bidang yang akan disablon. Ukuran dari screen ini biasanya berkisar antara 30cm hingga 40cm.

  • Tinta

Tinta ini sangat penting dalam proses penyablonan. Pilihlah tinta yang berkualitas sehingga menghasilkan warna yang baik di atas permukaan kaos.

  • Kaos

Pilihlah kaos yang memiliki bahan yang baik dan menyerap tinta.

  • Rakel

Alat ini digunakan untuk menyapu tinta di atas screen ke permukaan kaos/bidang lain sehingga menghasilkan warna yang merata.

  • Kaca

Digunakan untuk memberikan efek terang ke atas sablon.

  • Sarung Tangan

Untuk melapisi tangan agar tidak terkena tinta. Tinta akan sulit hilang jika terkena tangan.

  • Lampu

Digunakan untuk menyorot foto desain Anda sehingga desain yang sudah disiapkan bisa rontok dan menempel pada kaos.

Proses Sablon Kaos Manual

Berikut langkah-langkah pengerjaan secara detail :

1. Buat Desain

Tentunya desain yang ingin Anda cetak harus dipersiapkan terlebih dahulu dan dicetak di atas kertas transparant.

2. Lapisi Desain dengan Pengemulsi

Langkah selanjutnya yaitu melapisi screen yang sudah Anda siapkan dengan emulsi. Tuang dan ratakan diatas screen dan pastikan tidak menggumpal.

3. Panaskan Desain

Bagian ini merupakan bagian yang penting untuk menempelkan desain ke kaos. Tempelkan desain yang sudah dilapisi emulsi ke atas screen dan panaskan menggunakan lampu dan tunggu hingga 15 menit. Setelah desain menempel, tarik kertas emulsi secara perlahan dan pastikan hasil sablon menempel di screen.

4. Siram Screen yang Sudah Jadi

Jika screen sudah jadi dan desainnya sudah tercetak setelah proses pemanasan, siram screen dengan air. Bagian screen yang tersiram akan mengelupaskan desain dan membentuk pola di atas screen. Setelah desain terlihat jelas, keringkan screen dan lapisi desain yang tidak rontok menggunakan selotip.

5. Memulai Proses Penyablonan

Proses ini merupakan proses yang penting, letakkan kaos polos yang sudah Anda siapkan sebelumnya, lalu pasang screen di area yang ingin disablon. Setelah yakin akan posisinya, tuang tinta warna dengan menggunakan rakel hingga merata. Setelah dirasa tinta sudah merata, perlahan lepaskan screen. Pastikan gambar yang ingin disablon sudah menempel di kaos. Setelah itu jemur atau keringkan kaos dan proses penyablonan sudah selesai.

Hasil Sablon Kaos Manual

Sablon Kaos
Sablon Kaos
Sablon Kaos

Kontak Kami Untuk Pemesanan Sablon Kaos Manual

Teknik Sablon Lainnya

SABLON DIGITAL

Cari tahu tentang teknik sablon digital disini!

SABLON DTG

Cari tahu tentang teknik sablon dtg disini!