tentang-sablon-dtg

Apa itu Sablon DTG?

Sablon DTG atau Direct to Garment merupakan teknik sablon kaos digital yang dilakukan dengan mencetak gambar desain secara langsung ke kaos menggunakan printer khusus. Proses pencetakkannya tidak membutuhkan waktu yang lama. Cukup 1-2 hari saja kaos sudah bisa jadi dan dapat digunakan. Hasil cetak gambar desainnya juga tidak mudah rusak, pecah maupun luntur. Sebab proses pencetakkan teknik DTG diawali oleh proses pre-treatment dan diakhiri oleh proses heatpress. Proses-proses inilah yang membuat kualitas cetak sablon menjadi bagus dan halus. Sablon kaos DTG adalah solusi yang tepat saat ingin membuat kaos berkualitas dalam waktu yang singkat.

Sejarah Teknik DTG

Sablon DTG merupakan perkembangan dari teknologi sablon digital. Dimana sablon digital masih menggunakan media bantu yakni kertas transfer (transfer paper). Sementara DTG hanya perlu menggunakan printer khusus untuk mencetak gambar desain secara langsung ke kaos. Pada awalnya printer khusus DTG ini hanya mampu mencetak gambar desain diatas kaos berwarna terang. Warna yang paling umum digunakan yaitu putih. Namun seiring perkembangan waktu dan teknologi, kini printer DTG mampu mencetak gambar diatas kaos berwarna gelap juga.

sejarah-sablon-dtg
alat-dan-bahan-untuk-sablon-dtg

Alat dan Bahan Pembuatan

Untuk membuat sebuah kaos atau jaket dengan teknik DTG, diperlukan beberapa bahan dan alat khusus yang mungkin belum Anda ketahui. Diantaranya ada:

  • Mesin Printer DTG
  • Compressor
  • Hot Gun
  • Mesin Press Kaos
  • Cairan Pre-treatment
  • Cairan Epoxy

Alat dan bahan ini memiliki kegunaannya masing-masing. Namun sama-sama berperan penting dalam menghasilkan kualitas cetak desain kaos yang baik.

Proses Pembuatan Kaos

Proses pencetakkan teknik DTG memang tidak memakan waktu yang lama. Kurang lebih sekitar 1-2 hari saja desain kaos sudah dapat selesai dicetak. Namun dibalik singkatnya waktu tersebut terdapat 4 tahap proses pengerjaan yang harus dilakukan.

1. TAHAP PRE-TREATMENT

Pada tahap ini, kaos diberi cairan pre-treatment secara merata dan tipis, kemudian digosok. Setelah itu, kaos akan di press dengan suhu 160 derajat selama 30 detik.

2. PEMBUATAN DAN PENGATURAN FILE DESIGN

Di tahap kedua, file gambar desain yang ingin dicetak sudah harus siap. Pengaturan letak gambar desain pada kaos dilakukan pada tahap ini.

3. TAHAP PENYABLONAN KAOS

Tahap berikutnya adalah tahap penyablonan kaos. Proses penyablonan dapat dikerjakan dalam waktu kurang lebih 10-20 menit. Setelah gambar desain berhasil dicetak, tinta harus cepat dikeringkan agar kualitas warna tidak menurun.

4. FINISHING KAOS ( EPOXY )

Tahap terakhir, kaos yang telah melalui tahap 3 kembali disemprot oleh cairan pre-treatment. Namun cairan tersebut hanya disemprot pada bagian gambar desain yang dicetak. Setelah itu, kaos di press kembali dengan suhu 160 derajat selama 30 menit.

Hasil Cetak di Andalas

Sablon Kaos untuk Bikers Indonesia
Kaos Event Pejateng
Sablon Kaos untuk Komunitas Datsun

Butuh Jasa Cetak Kaos Cepat Jadi? Order aja di Andalas

Teknik Sablon Lainnya

TEKNIK SABLON DIGITAL

Cari tahu tentang teknik sablon digital disini!

TEKNIK SABLON MANUAL

Cari tahu tentang teknik sablon manual disini!