sablon kaos

Buat sablon kaos desain Anda sendiri

Sablon kaos merupakan pusat sablon manual, digital, DTG, polyflex, dan transfer paper. Kami melayani pembuatan sablon seragam, kaos sekolah, kaos promosi, kaos event, kaos club atau komunitas. Menerima order satuan tanpa minimum order. Diproduksi dengan kualitas terbaik dan dengan jahitan yang rapi, serta tetap dengan harga terjangkau.

Apa itu kaos?

Kaos merupakan salah satu jenis pakaian yang bisa digunakan oleh segala usia, mulai dari anak anak hingga orang tua. Selain bahan yang nyaman saat digunakan, kaos berbahan tertentu dapat menyerap keringat dengan sempurna.

Di Indonesia sendiri, penggunaan kaos menjadi trend yang sangat populer di kalangan remaja hingga dewasa. Maraknya toko yang menjual kaos dengan desain sendiri menjadikan bisnis sablon menjadi sangat berkembang.

Menurut Wikipedia, kaos pada awalnya hanya digunakan oleh tentara Inggris dan Amerika pada awal abad 19 sampai abad 20. Namun, seiring berkembangnya jaman sudah digunakan oleh semua kalangan di seluruh dunia.

Sejarah sablon kaos

Sejarah Sablon Kaos

Sablon mulanya ditemukan di daratan china pada tahun 960-1279 Masehi. Seiring berkembangnya jaman, sablon diadaptasi oleh negara lain misalnya Jepang dan Eropa.

Pada abad ke 19, banyak peneliti dari Eropa yang mulai melakukan penelitian terhadap beberapa bahan kimia yang akhirnya dijadikan bahan utama dari sablon hingga sekarang.

Setelah penemuan bahan utama dari sablon, banyak orang Eropa yang mulai memanfaatkan hal tersebut menjadi sebuah bisnis. Pada masa itu, hanya sablon dengan jenis manual yang diakui sebagai percetakan yang paling efisien dibanding percetakan jenis lain.

Pada tahun 1962, Andy Warhol mempopulerkan sablon manual dengan teknik artistik ke Amerika Serikat dan dia mendapat penghargaan karena mampu membuat gambar artis Marlyn Monroe hanya dengan mencetak gambarnya di atas screen sablon manual.

Tak lama kemudian, pada tahun 1960, Michael Vasilantone mulai mengembangkan mesin cetak yang bisa digunakan untuk beberapa warna. Mesin cetak yang dibuat dikenal sebagai mesin sablon rotary. Setelah itu di tahun 1986, Marc Tartaglia, Marc Tartaglia Jr dan Michael Tartaglia berhasil menciptakan peralatan sablon yang terdaftar hak patennya sebagai alat sablon yang bisa diaplikasikan untuk semua warna dan langsung diletakkan diatas printer screen dari jala sutra.

Pada abad ke 20, teknologi sablon sudah sangat umum digunakan untuk industri pakaian. Hingga saat ini, sudah lebih banyak jenis sablon yang dapat diaplikasikan mulai dari sablon manual, print, DTG, polyflex hingga transfer paper. Kaum muda di jaman sekarang pun sudah dimanjakan jika mereka ingin membuat desain kaos sesuai keinginan mereka sendiri.

Jenis jenis sablon kaos

jenis sablon kaos

Siapa bilang desain sablon hanya memiliki sedikit opsi? Di banyak distro kaos, Anda bisa memilih dengan sesuka hati jenis sablon apa yang cocok digunakan untuk desain kaos Anda sendiri. Yuk kita bahas jenis sablon satu per satu

Sablon Manual, yaitu teknik mencetak diatas kaos dengan menggunakan media screen yang disebut dengan mesh. Mesh merupakan tenunan polyester yang memiliki lubang yang sangat kecil yang akan tercetak diatas kaos saat di press. Beberapa jenis sablon yang digunakan dengan cara manual, yaitu

  1. Plastisol
    Jenis ini masuk dalam kategori oil based, dengan ciri khas bentuk yang tebal dan juga memiliki unsur karet yang terasa saat disentuh. Plastisol sangat populer karena dikenal awet dan tahan lama, sehingga tidak mudah rusak kualitas sablonnya. Namun, untuk jenis ini tidak boleh terkena panas terlalu sering karena akan merusak kualitas dari plastisol sendiri.
  2. Rubber
    Sablon jenis ini dikenal sangat elastis sesuai dengan namanya yaitu karet. Kaos yang disablon dengan rubber akan menjadikan karakter yang menutupi serat kain sehingga akan terasa lembut saat disentuh.
  3. High Density
    Jenis sablon selanjutnya adalah sablon high density. Sablon ini sendiri biasanya akan memberikan sebuah efek 3D pada desain kaos. Permukaan karet pada bahan ini akan terasa timbul pada saat disentuh dan juga sangat kuat. Sablon ini sendiri tinta pertamanya menggunakan transparant ink atau Straight up gloss lalu ditambahkan dengan bahan polyester dengan warna yang diinginkan. Jenis sablon ini sendiri biasanya digunakan untuk desain pada topi dan untuk kaos sendiri lebih bagus jika desainnya adalah typography.
  4. Superwhite
    Jenis jenis sablon selanjutnya adalah Superwhite. Superwhite ini kebalikan dari sablon high density yang mempunyai water based. Karakter dari jenis sablon ini adalah menyerap ke dalam serat kain, sehingga pada saat disentuh sablon sama sekali tidak terasa sama sekali. Kelebihan dari kain untuk sablon ini sendiri adalah terasa ringan dan juga sangat dingin pada saat digunakan. Tidak hanya itu saja, sablon jenis superwhite ini sendiri akan aman terkena panas langsung, sehingga tidak akan rusak pada saat disetrika. Jika kaos yang menggunakan sablon ini dicuci terus menerus akan menimbulkan efek vintage pada kaos. Hal ini sendiri dikarenakan pada sablon Superwhite tidak memiliki warna yang cerah seperti plastisol.
  5. Discharge
    Sablon discharge sendiri mempunyai dasar water based. Discharge sendiri dapat dikatakan hampir mirip dengan superwhite, di mana pada sablon ini sendiri sering kali dibilang “sablon cabut warna”. Hal ini sendiri dikarenakan pada sablon discharge akan membakar warna dasar kaos dan akan mengganti warnanya. Perbedaan antara sablon discharge dan super white adalah dari bagian finishing dan juga campurannya. Pada sablon discharge ini menambahkan bahan odorless atau discharge agent sebanyak 6% hingga 8%. Pada sablon ini sendiri proses finishing dilakukan pada saat sablon masih basah dan dikeringkan dengan menggunakan heat gun atau mesin press. Akan tetapi untuk hasil yang memuaskan, sebaiknya mengeringkan sablon dengan menggunakan mesin press.
  6. Pigmen
    Jenis jenis sablon selanjutnya adalah sablon pigment yang sedikit mirip dengan sablon superwhite. Akan tetapi sablon ini masih dapat terasa bahannya apabila disentuh, selain itu sablon ini sendiri mempunyai karakter yang kaku dan tidak selentur bahan superwhite. Sablon pigment ini pada saat digunakan akan meninggalkan kerak pada kain, namun kerak tidak akan hilang walaupun sudah dicuci berkali-kali. Sablon pigment ini sendiri sudah sangat jarang untuk ditemukan karena masyarakat lebih memilih sablon superwhite yang mempunyai kualitas yang lebih baik.
  7. Glow in the dark
    Jenis untuk sablon yang selanjutnya adalah Glow In The Dark atau biasa disingkat menjadi GITD. Sablon ini sendiri akan memberikan efek menyala dalam gelap dan sangat populer karena hasilnya akan menjadi sangat keren. Sablon ini sendiri berbeda dengan glow stick, dimana glow stick fosfor yang digunakan berbahan cair sedangkan GITD menggunakan fosfor padat. Kaos dengan GITD sendiri hanya bertahan kurang lebih 3 menit, akan tetapi Anda tidak perlu khawatir karena untuk dapat membuat kaos dapat menyala dalam gelap cukup dekatkan kaos ke lampu. Sablon GITD ini sendiri biasanya menggunakan bahan sablon plastisol atau rubber.
  8. Flocking
    Jenis jenis sablon yang selanjutnya adalah jenis flocking yang mempunyai karakter seperti kain beludru, di mana jika menyentuh sablon ini sendiri akan terasa sangat lembut pada flocknya. Proses finishing sablon jenis ini sendiri ada pada bagian finishingnya, di mana kertas flocking akan ditempelkan pada saat proses pemanasan yang didiamkan beberapa saat. Setelah dingin kertas flocking dapat dilepaskan secara perlahan. Proses pencabutan kertas flocking sendiri dapat dilakukan pada saat proses penyetrikaan yang akan memudahkan pencabutan dan juga dapat mengurangi serat kapas yang menempel pada kain. Material flocking sendiri berbentuk sebuah bubuk atau serbuk yang ditempelkan pada kertas.
  9. Foil
    Jenis jenis sablon yang selanjutnya adalah Foil. Sablon foil ini sendiri sangat mirip dengan flocking, di mana yang membedakannya adalah elemen yang digunakan. Pada foil sendiri partikelnya akan ditempelkan pada plastik dan selanjutnya akan di press atau dipanaskan. Saat proses ini sendiri diatas plastik foil dilapisi sebuah kertas. Hal ini sendiri dilakukan agar mencegah plastik mengerut pada saat dipanaskan.

Apa saja bahan kaos?

Bahan kaos yang sangat populer hingga sekarang, yaitu cotton combed.
Cotton combed merupakan bahan kaos yang paling banyak beredar di masyarakat. Jenis bahan kaos ini menjadi favorit karena memiliki tekstur lembut dan halus. Bahan kaos ini sering digunakan untuk daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia karena mampu menyerap keringat. Secara umum, cotton combed memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan bahan lain. Hingga saat ini, cotton combed yang beredar di pasaran ada 4 jenis, yaitu: 20, 34, 30, 40. Angka ini menunjukkan kerapatan benang di kain, semakin kecil angkanya, maka semakin tebal bahan dari cotton combed.

Mengapa menggunakan jasa sablon kaos andalas?

Sablon Andalas merupakan perusahaan jasa sablon manual, digital, DTG, polyflex, dan transfer paper. Kami Melayani pembuatan sablon seragam, kaos sekolah, kaos promosi, kaos event, kaos club atau komunitas. Kami juga didukung dengan tenaga kerja yang profesional di bidangnya. Menerima order satuan tanpa minimum order. Diproduksi dengan kualitas terbaik dan dengan jahitan yang rapi, serta tetap dengan harga terjangkau.

Jasa Sablon Kaos Andalas sudah berpengalaman dalam melayani berbagai pelanggan baik individu maupun perusahaan. Beberapa pelanggan setia kami yaitu PT Telkomsel, Musica Studio, Metro TV, RCTI, SCTV, Kompas Gramedia, Oppo, Nokia, Bakrie Group, dan masih banyak lagi

Kami juga mengedepankan visi dan misi untuk menjadi supplier handal dalam memenuhi kebutuhan jasa sablon kaos. 3 prinsip utama kami yaitu: Tepat kualitas, Tepat Waktu, Tepat Respon.

Berapa harga sablon kaos?

Harga untuk masing-masing kaos pesanan berbeda-beda, tergantung quantity, jenis sablon atau bordir, dan jenis bahan yang digunakan.

Keterangan:

1. Untuk sablon digital DTG, tanpa minimum order atau bisa satuan. Untuk sablon manual minimum order adalah 24 pcs per design.

2.  Kirimkan design anda ke email: [email protected] dan kami akan menghitung biaya yang paling ekonomis untuk anda.

Bagaimana cara memesan?

cara pemesanan

Kami melayani pemesanan dari seluruh kota di Indonesia. Anda cukup mengirimkan spesifikasi design dan pesanan Anda melalui email [email protected] dilakukan dari kota jakarta melalui ekspedisi yang paling ekonomis menyesuaikan dengan kota tujuan, atau Anda bisa hubungi kami di

ANDALAS CLOTHING
JL Mangga 7/7C Duri Kepa
Jakarta Barat
Indonesia
021-70020077 / 0852-7520-0077
email: [email protected]
web: https://sablonkaosandalas.com


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.