apa-itu-sablon-kaos-dtg

Apa itu Sablon DTG?

DTG adalah singkatan dari Direct to Garment. Sehingga apabila diartikan, Sablon DTG merupakan teknik sablon kaos secara digital yang mencetak langsung gambar atau desain ke kain kaos dengan menggunakan printer khusus. Printer khusus DTG, awalnya hanya mampu mencetak gambar diatas kaos berwarna putih atau terang. Namun seiring perkembangan waktu dan teknologi, kini printer DTG mampu mencetak gambar diatas kaos berwarna hitam dan gelap juga. Hasil sablon DTG pada kaos berwarna hitam atau gelap tidak akan mudah rusak, pecah maupun luntur. Sebab, sablon DTG dicetak melalui proses pre-treatment dan heatpress yang menghasilkan kualitas sablon yang bagus dan halus.

bahan-kain-yang-cocok-untuk-sablon-kaos

Bahan Kaos yang Cocok Untuk Sablon DTG

Setiap jenis kaos memiliki bahan yang berbeda dan setiap bahan tersebut memiliki keunggulan serta kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan bahan dan jenis kaos yang akan digunakan saat ingin membuat kaos dengan sablon DTG. Dibawah ini terdapat beberapa jenis bahan kaos yang cocok digunakan untuk sablon DTG:

Kain Cotton Combed

Bahan kaos cotton combed terbuat dari serat kapas alami, sehingga tekstur kain ini terasa halus dan lembut ditangan. Perlu diketahui, kain cotton combed tersedia dalam 4 pilihan, yaitu cotton combed 20s, 24s, 30s dan 40s. Perbedaan angka pada kain cotton combed berdasarkan pada ketebalan yang dimiliki oleh kain. Semakin besar angka yang ada, maka semakin tipis ketebalan kain tersebut. Bila diambil contoh, maka kain cotton combed 20s adalah kain yang paling tebal diantara kain lainnya. Sedangkan kain cotton combed 40s adalah kain yang paling tipis diantara kain lainnya.

Kain Cotton Jepang

Kain cotton Jepang terkenal dengan kelembutan dan kehalusannya. Di pasaran, kain ini dibanderol dengan harga yang relatif lebih mahal karena terbuat dari 100% full cotton dan tidak dicampur dengan bahan sintetis lainnya. Kain cotton Jepang merupakan salah satu pilihan yang tepat jika ingin membuat kaos sablon dengan bahan yang nyaman saat dipakai serta menyerap keringat.

Kain Cotton Bamboo

Seperti namanya, kain jenis ini berbahan dasar dari serat bambu alami dan termasuk kain yang ramah lingkungan. Sebab, serat kain cotton bamboo sangat mudah terurai sehingga tidak akan meninggalkan limbah. Pemakaian kaos dengan kain cotton bamboo akan memberikan kesan yang dingin, nyaman dan tidak membuat gatal. Daya serap kain ini pun lebih tinggi dari jenis kain cotton combed.

Kain Cotton Carded

Cotton Carded adalah jenis kain yang terbuat dari serat kapas alami. Teksturnya sedikit lebih kasar karena proses pembuatan yang dilakukan dengan mesin carding. Meskipun terlihat kasar, kain cotton carded tetap nyaman saat digunakan dan mampu menyerap keringat dengan baik. Harganya pun cukup terjangkau dan sering digunakan untuk pembuatan kaos polo, anak dan lainnya.

berapa-lama-pengerjaan-sablon-kaos

Berapa Lama Waktu yang dibutuhkan Untuk Membuat Kaos dengan Sablon DTG

1 buah kaos dengan sablon DTG membutuhkan waktu pencetakan kurang lebih sekitar 10 hingga 20 menit. Lama pencetakan ini berbanding lurus dengan kuantitas baju yang akan dicetak. Ini berarti semakin banyak jumlah kaos yang akan dicetak, maka semakin lama pula waktu pencetakannya. Sebagai gambaran, jika ada 20 kaos yang ingin dicetak dengan sablon DTG, maka lama waktu pencetakannya adalah 20 x 20 menit = 400 menit. Dengan beberapa catatan sebagai berikut:

  • Proses pencetakan sablon di kaos putih biasanya lebih cepat daripada kaos warna
  • Desain dengan ukuran yang lebih kecil memiliki kemungkinan untuk selesai lebih cepat dari perkiraan waktu
proses-pembuatan-sablon-kaos

Proses Pembuatan Sablon DTG

Sebelum mengetahui tahap-tahap pembuatan sablon DTG, alangkah baiknya untuk lebih dulu mengetahui tentang alat dan bahan yang akan digunakan. Alat-alat tersebut diantaranya ada Mesin printer DTG, Compressor, HotGun dan Mesin press kaos. Sedangkan bahannya yakni kaos polos, tinta, cairan pre-treatment dan cairan epoxy. Untuk lebih jelasnya:

Mesin Printer DTG ialah mesin yang diciptakan khusus untuk memproduksi sablon DTG dan bisa digunakan untuk mencetak kaos satuan maupun lusinan.

Compressor digunakan untuk menyemprotkan cairan pre-treatment maupun epoxy secara merata pada kaos.

Hot Gun memiliki peran dalam menjaga kualitas warna dan kerapian hasil cetak sablon. Bentuk alat ini sekilas terlihat mirip dengan hair-dryer.

Mesin Press Kaos digunakan untuk merekatkan dan mengepres hasil sablon ke kaos.

Cairan Pre-treatment memiliki 2 jenis, yaitu treatment dark ( untuk kaos gelap ) dan treatment light ( untuk kaos putih ).

Cairan Epoxy adalah cairan penguat tinta DTG agar tidak luntur saat dicuci dan tetap menempel pada kaos.

Setelah mengenal seluruh alat dan bahan beserta kegunaannya, maka berikut ini adalah langkah pembuatan sablon DTG:

1. Tahap Pre-treatment

Letakkan kaos pada papan berukuran A3 / A4, kemudian siapkan cairan pre-treatment di dalam compressor. Semprotkan cairan tersebut pada kaos secara merata dan tipis, jangan tebal-tebal. Setelah itu, gosok dengan spon supaya cairan tersebut terserap oleh kaos. Lakukan 2x penyemprotan dan penggosokan. Terakhir, press kaos hasil pre-treatment dengan suhu 160 derajat selama 30 detik.

2. Pembuatan dan Pengaturan File Design

Buat file desain yang diinginkan dengan menggunakan software corelDRAW atau Adobe Photoshop. Setelah itu, gunakan software AcroRIP untuk mengatur peletakan desain pada kaos. Selain mengatur letak, software AcroRIP juga bisa mengatur ketebalan tinta yang ingin dicetak.

3. Tahap Penyablonan Kaos

Letakkan kaos pada papan / tatakan mesin printer dengan benar. Pastikan permukaan kaos tersebut rata. Kemudian print desain kaos yang diinginkan. Tunggu proses pencetakan sablon selama kurang lebih 10 hingga 20 menit. Setelah selesai, segera keringkan tinta dengan menggunakan HotGun agar kualitas warnanya tidak menurun. Pastikan bahwa tinta telah mengering, lalu lepaskan kaos dari papan / tatakan secara perlahan.

4. Finishing Kaos ( Epoxy )

Letakkan kaos yang telah di sablon pada papan / tatakan yang sama pada tahap pre-treatment. Siapkan cairan epoxy dalam compressor. Kemudian semprotkan cairan tersebut pada bidang gambar, jangan semprot di seluruh permukaan kaos. Setelah itu, pres kaos dengan suhu 160 derajat selama 30 detik. Ulangi langkah pengepresan sebanyak 2x agar gambar melekat pada kaos dengan sempurna.

jasa-pembuatan-sablon-kaos-di-jakarta

Dimana Jasa Pembuatan Kaos yang Terpercaya?

Saat ini usaha sablon dapat dengan mudah ditemukan dimanapun Anda berada. Namun sayangnya hanya ada beberapa perusahaan saja yang benar-benar memberikan layanan dan kualitas sablon yang maksimal. Salah satunya ialah Andalas. Andalas telah menangani berbagai pesanan untuk kaos dan jaket mulai dari pesanan individu hingga kaos promosi perusahaan. Perusahaan yang pernah menjadi klien Andalas diantaranya ada PT Telkomsel, PT Indosat, RCTI, SCTV, OPPO Mobile dan lainnya.

Untuk layanan sablon DTG, Andalas menerima pemesanan baik satuan maupun lusinan. Dengan kata lain kami menerima pesanan tanpa minimum order. Selain itu, kami juga siap melayani pemesanan dari seluruh kota di Indonesia. Jangan ragu ataupun khawatir, Andalas bisa menjadi kepercayaan dalam hal pembuatan kaos. Hubungi kontak kami atau kunjungi lokasi kami di Jl. Mangga 7/7C Duri Kepa, Jakarta Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.