sablon kaos

MENGENALI JENIS SABLON

Teknik sablon merupakan teknik mencetak dengan tinta diatas gambar maupun tulisan pada permukaan yang rata demi mendapatkan pola yang sesuai dengan keinginan. Biasanya, media yang digunakan dalam teknik sablon yaitu plastik, kayu, pakaian, kertas, kaca dan lain sebagainya. Untuk membuat pola biasanya para penyablon memakai alat cetak yang bernama film sablon yang berfungsi sebagai alat bantu untuk mencetak pola.

Keunggulan dari menggunakan teknik sablon

  1. Dapat mencetak dengan jumlah banyak
  2. Hasil pola yang didapat relatif stabil
  3. Harga lebih terjangkau
  4. Pengerjaan cenderung lebih cepat
  5. Porsi warna dalam tinta bisa disesuaikan sendiri
  6. Bisa menggunakan berbagai teknik pembuatan
  7. Praktis

Untuk jenis dari sablon sendiri ada bermacam- macam jenisnya. Disini kami akan menjelaskan mengenai sablon yang dicetak dengan media kaos. Seiring dengan berkembangnya jaman, maka jenis dari sablon kaos juga mengalami perubahan, dari yang awalnya menggunakan teknik manual, sekarang menggunakan teknik digital dan ada juga yang menggunakan DTG (Direct to Garment). Untuk teknik manual, biasanya gambar di cetak diatas kertas baru dipindahkan ke kaos. Untuk teknik digital, proses sablon menggunakan media transfer yang disebut transfer paper. Namun di jaman sekarang, bisa di cetak langsung menggunakan printer yang disebut juga dengan teknik DTG, yaitu Direct to Garment.

Kelebihan dari teknik manual yaitu tinta meresap ke serat kain secara langsung, maka dari itu hasil akan lebih awet dan tahan lama serta tidak luntur saat proses pencucian. Biasanya teknik manual digunakan untuk kaos distro, kekurangan dari teknik manual adalah tidak bisa mencetak untuk lebih dari 4 warna.

Untuk teknik digital, kelebihannya dalam proses produksi yang terbilang cepat dan mudah, Teknik digital ini sangat cocok untuk digunakan dalam produksi dalam quantity yang banyak maupun sedikit dan bisa digunakan untuk mencetak lebih dari 4 warna. Namun, untuk hasil dari teknik ini bisa dibilang tidak terlalu awet karena dibutuhkan perawatan khusus untuk merawat kaos tersebut.

Teknik DTG (Direct to Garment) merupakan teknologi terbaru dalam teknik penyablonan. Teknik yang digunakan adalah mencetak langsung dari komputer ke kaos dengan menggunakan printer sehingga gambar yang didapat akan sama persis dengan softcopy dari desain kita. Namun hingga saat sekarang, teknik Direct to Garment masih terbatas untuk ukuran kaos tertentu.

Untuk teknik manual, dibedakan dalam dua jenis tinta. Tinta yang pertama yaitu tinta yang berbasis air dan tinta jenis yang ke dua yaitu tinta yang berbasis minyak. Untuk tinta berbasis air memiliki sifat mudah kering dan lebih mudah dalam menyerap serat-serat kain dan akan terasa lembut dibandingkan tinta berbasis minyak. Tinta berbasis air sangat cocok digunakan di media yang terang dengan tinta berwarna gelap. Untuk tinta berbasis minyak, akan lebih cocok apabila diaplikasikan untuk media berwarna gelap karena detail dari sablon akan terlihat lebih jelas. Pada proses pengeringan juga cenderung lebih lama karena akan memerlukan pengering  pada suhu 150 derajat celcius agar tinta bisa menempel kering di media yang disablon.

Untuk teknik manual berbahan dasar air terdiri dari beberapa jenis

  1. Super White
    Tinta ini dikenal dapat menyerap sempurna ke dalam serat kain dan sehingga tidak terasa saat disentuh, namun jika terlalu sering dicuci, maka warna akan cepat memudar. Untuk tinta superwhite sangat cocok bila diaplikasikan pada gambar pola yang bertema vintage.
  2. Pigmen
    Hasil cetakan dari tinta pigmen yaitu sablon yang kaku/mengendap dalam kaos meskipun sudah beberapa kali dicuci, maka dari itu, teknik ini semakin jarang digunakan.
  3. Glow in the Dark
    Tinta ini masih banyak digemari oleh berbagai kalangan pemuda karena memiliki keunikan yang bisa menyala di dalam gelap, dikarenakan kandungan fosfor yang digunakan sebagai bahan sablon. Fosfor akan menyerap sumber cahaya dan akan menyala jika tidak ada cahaya.
  4. Discharge
    Tinta ini disebut juga dengan teknik cabut warna karena hasil sablon akan menyerap masuk ke dalam kain atau dalam istilah lainnya yaitu menyatu dengan kain. Tinta yang digunakan adalah campuran antara tinta super white dan bahan khusus yang menjadikan warna asli dari kaos tersebut pudar dan membentuk suatu pola. Tinta ini terbatas digunakan pada warna gelap karena akan menghilangkan warna dasar dari kaos tersebut.
  5. Foil
    Tinta Foil akan menghasilkan warna pantulan dari hasil heat press kain dan lem perekat khusus foil yang digunakan sehingga hasil dapat sesuai dengan desain yang diharapkan.
  6. Glitter
    Dengan menggunakan glitter khusus di dalam bahan sablon, maka hasil dari kaos yang telah di sablon akan lebih berkilau, Biasanya digunakan glitter berwarna emas atau perak.

Berbeda dengan tinta sablon manual berbasis air, berikut penjelasan untuk sablon dengan berbasis minyak

  1. Plastisol
    Memiliki ciri mengandung karet yang agak tebal, jadi sablon yang dicetak agak timbul di permukaan kaos, namun keunggulan dari teknik ini yaitu memiliki kualitas yang bagus dan dikenal awet dan hasil akhir yang detail.
  2. High Density
    Memiliki tekstur karet yang kuat sehingga tidak mudah hancur saat dicuci, tinta ini dikenal lebih mahal dibandingkan dengan tinta lain karena prosesnya memakan waktu yang lama.
  3. Rubber
    Sesuai dengan namanya, tinta ini berbahan dasar karet. Ketika hasil dari sablon rubber dipegang, maka teksturnya akan terasa padat namun elastis, sehingga sangat cocok untuk digunakan untuk menutupi serat kain.
  4. Foaming
    Sering disebut dengan tinta busa, karena tinta ini akan mengembang jika terkena panas. Biasanya tinta foaming digunakan untuk menghadirkan efek foam/timbul di kaos

Demikian penjelasan singkat mengenai teknik sablon yang sering digunakan serta berbagai teknik manual dalam menggunakan sablon serta bahan bahan yang sering digunakan dalam sablon secara manual sehingga menghasilkan kaos yang memiliki sablon dengan kualitas bagus dengan harga terjangkau. Untuk informasi lebih lanjut serta informasi terkini dari Andalas, Anda bisa mengikuti feed di instagram kami, maupun bisa melakukan order langsung melalui email di andalasclothing@gmail.com, whatsapp/telp/sms di nomor 0878-7520-0077 untuk pertanyaan langsung. Kami melayani jenis kaos dengan teknik manual, digital, hingga cetak kaos dengan teknologi DTG (Direct to Garment). Kami sangat sanggup untuk memproduksi dengan berbagai jenis variasi sablon sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu, kami juga didukung oleh tenaga sablon yang profesional di bidangnya. Kami sudah berpengalaman untuk menjadi pelanggan baik bagi individu, kelompok, hingga perusahaan. Perusahaan yang sudah menjadi pelanggan kami diantaranya PT. Telkomsel, Metro TV, SCTV, Kompas Gramedia dan lain sebagainya. Untuk pemesanan individu, kami akan melayani Anda dengan minimum pemesanan dua lusin per desain untuk memudahkan Anda memproduksi kaos design buatan Anda. Konsultasikan keinginan Anda mencetak kaos dengan teknik sablon yang Anda inginkan sekarang juga dengan Andalas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.